Sumba merupakan salah satu tujuan destinasi wisata para turis lokal maupun mancanegara. Berbagai macam objek wisata tersedia disana, baik berupa lautan yang indah, padang savana luas maupun kampung adat yang menggambarkan Daerah Sumba itu sendiri. Berikut nama-nama objek wisata yang ada di Sumba:

1. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak adalah sebuah pantai yang indah di Daerah Sumba. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti mutiara. Karena keindahan yang dimilikinya, Anda akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Gelombang pantai yang sangat kuat merupakan salah satu ciri pantai di pesisir selatan Sumba. Gelombangnya cukup besar namun relatif aman, sehingga pantai ini juga terkenal bagi banyak peselancar internasional.

2. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Pantai Walakiri letaknya sekitar 24 km atau sekitar 30 menit dari pusat Kota Waingapu. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah.

3.  Waikelo Sawa Km9

Air Terjun dengan debit air hingga 1.000 liter air per detik, Waikelo Sawah dulunya merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air yang dikelola oleh pemerintah pada tahun 1976. Arus yang sangat cepat dan kuat memberi kehidupan pada areal persawahan di sekitarnya dan juga berfungsi sebagai sumber air bersih sehari-hari warga untuk mandi. Dikelilingi oleh tanaman hijau yang tumbuh di bawah kaki bukit, air terjun ini juga terletak di bawah beberapa gua megah. Hasilnya, Anda dapat menyaksikan langsung salah satu desain arsitektur alam terbaik – sebuah laguna gua yang dibingkai oleh panorama hutan hijau dan pintu masuk batu yang sangat eksotis. Ingat ya, air terjun buatan dan bendungan ini hanya untuk dilihat dan memanjakan mata Anda saja dan tidak cocok digunakan untuk berenang sama sekali!

4. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang merupakan salah satu air terjun paling indah di Sumba. Daya tarik utama tempat ini adalah kolam air terjuan yang spektakuler. Dinding batu yang mengelilingi kolam menciptakan sensasi seolah tengah berada di dalam gua, dengan dinding tertutup lumut hijau dan pepohonan rindang yang menjulang di atas.

5. Air Terjun Tanggedu

Air terjun yang memiliki volume air yang deras, dikelilingi formasi bebatuan yang menyerupai ngarai, dialiri air jernih sejuk dan ditambah suasananya yang bersih, indah, dan asri. Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga air terjun ini layak dijadikan objek wisata yang wajib banget kamu hampiri, saat berkunjung ke Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

6. Kampung Adat Ratenggaro

Ini merupakan salah satu dari sedikit tempat di pulau ini di mana Anda bisa menemukan rumah tradisional yang terbuat dari bamboo dengan atap unik setinggi 25 meter. Seperti desa-desa lain di Sumba, atap tinggi dibangun untuk menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.

7. Bukit Wairinding

Savana yang belum terjamah ini adalah pemandangan yang memanjakan mata. Dengan bukit-bukit rumput hijau berumput bersaling-silang di cakrawala, ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan bersantai setelah perjalanan yang jauh. Biarkan angin membelai kulit Anda dan pikiran mengembara dalam ketenangan, di mana hanya ada Anda dan alam saja. Meskipun padang rumput ini hanya tampak hijau selama musim hujan (November – Mei), di musim kemarau (Juli – Oktober) ia berubah menjadi hamparan keemasan yang tak kalah indah!

8. Laguna Weekuri

Laguna Weekuri memiliki air yang sangatlah jernih dengan kedalaman air yang tak cukup dalam, sehingga sangat cocok digunakan oleh pengunjung untuk sekedar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau terasa masih sangat asli dan alami.